Setelah 6 Tahun, RIM Akhirnya
Buka Kantor di Indonesia
Siapa yang tidak tahu Blackberry di Indonesia ini? Handset smartphone
yang satu ini sangat terkenal sekali di negara kita tercinta ini,
khususnya aplikasi chat mereka yaitu BlackBerry Messenger yang
penggunaannya sudah menjadi wabah dan life style tersendiri di
Indonesia. Meskipun Blackberry sangat terkenal di Indonesia ini, tapi
tidak sedikit pengguna Blackberry yang tidak mengetahui apa itu RIM
(Research In Motion). Padahal Blackberry sendiri adalah produk dari RIM,
yang notabene sudah masuk Indonesia di kisaran tahun 2004, berarti
sudah mendekati 6 tahun di Indonesia. Tetapi baru pada tanggal 9
november 2010 kemarin RIM selaku produsen BlackBerry membuka kantor
resminya di Jakarta, Indonesia yang bernama PT. Research In Motion
Indonesia.
RIM saat ini telah merencanakan pembukaan 36 pusat layanan pelanggan
resmi BlackBerry sampai akhir 2010. Produk BlackBerry di Indonesia juga
mulai saat ini mendapat jaminan garansi selama 24 bulan. RIM telah
memiliki tiga mitra distributor lokal yakni PT Teletama Artha Mandiri,
PT Comtech Cellular, dan PT Selular Media Infotama. Ketiganya bekerja
sama dengan Brightpoint. BlackBerry juga didistribusikan melalui
sejumlah operator seluler di Indonesia.
Berkenaan dengan didirikannya PT. Research In Motion Indonesia, Gregory
Wade (Managing Director RIM se-Asia Tenggara) mengatakan:
Pendirian PT RIM Indonesia adalah sebuah milestone bagi perusahaan kami
sekaligus merupakan bukti konkret komitmen investasi jangka panjang yang
kami lakukan di Indonesia. Terima kasih untuk semua dukungan dan
persetujuan dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) atas
berdirinya PT RIM Indonesia. Kami sangat bersemangat untuk membuka
kantor kami dan menumbuhkembangkan tim di Indonesia.
Gregory Wade di peluncuran PT. Research In Motion Indonesia
Memang jika dibandingkan dengan jumlah total populasi di Indonesia,
total pengguna BlackBerry masih sangatlah kecil, walaupun begitu si
BlackBerry memiliki peningkatan yang luar biasa dari tahun ke tahun
bahkan dari bulan ke bulan. Di negara kita Indonesia ini, para operator
telco sangat berperan penting dalam menjadikan BlackBerry sebagai
“Smartphone BRAND that everybody wants”. Di mulai dari si Indosat yang
memiliki tagline yang sangat berpengaruh untuk BlackBerry di Indonesia
yaitu “always on, always connected lifestyle”. Dan kalau kita ingat
lagi, Blackberry di Indonesia pernah meraih peningkatan pelanggan sampai
dengan 450% di tahun 2008.